Tips membuat bisnis anda lebih efisien

Bisnis itu diibaratkan seperti pesawat yang mau tidak mau mesti bekerja setiap waktu. Lalu, apa cara Anda bisa membuat bisnis Anda lebih efisien? Seperti yang sudah dibicarakan sebelumnya kalau bisnis dapat diibaratkan seperti pesawat terbang yang mesti bekerja setiap waktu.

Saat bekerja, sudah pasti ada saatnya pesawat itu menanjak, mulai terbang dan pada akhirnya mendarat pada sebuah target atau tujuan. Buat berikutnya, pesawat itu bakal kembali terbang dengan proses yang sama menuju target selanjutnya.

Sayangnya, inefesiensi (ketidakefesienan) yang umumnya terjadi di dunia bisnis baru-baru ini. Menurut survei, inefesiensi bisa menelan biaya setidaknya 30% dari pendapatan Anda setiap tahunnya. Begitu disayangkan bukan?

Artikel ini bakal bahas gimana langkah-langkah buat setidaknya dapat hindari ketidakfisiensian.

Cara untuk buat bisnis Anda lebih efisien bakal dibahas pada artikel ini.
1. Mulailah dengan serius dan fokus
Sebelum Anda putuskan buat bertindak dan ubah sesuatu yang ada pada bisnis, Anda mesti belajar soal gimana buat identifikasi secara akurat soal hal apa saja yang dianggap tidak efisien.

Sesudah Anda identifikasi masalahnya, cobalah Anda buat cari akar permasalahannya.

Sesudah Anda tahu akar masalah inefisiensi itu, kini sekarang Anda putuskan buat lakukan perubahan pada sistem kerja perusahaan Anda. Lebih cepat lebih baik sebab terkait dengan pendapatan Anda yang bakala berkurang banyak kalau masalah inefisiensi terus terjadi pada bisnis Anda.

Sebaiknya, Anda tetap waspada dan persiapkan solusi yang lainnya. Dapat jadi sistem baru yang sudah Anda terapkan pada bisnis Anda, tidak bekerja pada satu bagian yang lainnya. Memang, bukan hal mudah untuk membuat bisnis Anda lebih efisien. Tapi, bakal lebih baik kalau Anda perbaiki dari sekarang sebelum semuanya terlanjur berlarut-larut.

2. Demokratisasi Bisnis

Maksud dari point ini ialah seperti halnya sistem demokrasi, yaitu dengan utamakan hak dan kewajiban serta keadilan buat setiap orang. Proses demokrasi pada suatu perusahaan tidaklah berhubungan sama keputusan referendum. Bakal namun lebih manfaatkan energi dan kreatifvitas perusahaan.

Suatu studi dari Aberdeen Group ungkapkan kalau suatu organisasi perusahaan yang pakai sistem demokratisasi miliki tingkat retensi pelanggan sebanyak 30% dan pendapatannya meningkat sekitar 55%.

Salah satu pengusaha yang terapkan demokratisasi pada bisnisnya ialah Sergey Petrossov, selaku CEO dari Jetsmarter.Sebelumnya, customer Jetsmarter mesti jadwalkan penerbangan atau perjalanan mereka melalui agen.

Lalu, Petrossov berinisiatif buat demokratisasikan pasar dengan biarkan pelanggan jadwalkan penerbangan sendiri melalui aplikasi pada telepon.

Tindakan tunggal itu mempercepat proses dan juga bebaskan agen Jetsmarter buat tangani tugas lainnya. Dan hasilnya, customer yang menjadwalkan penerbangan dan perjalanan mereka dapat meningkat.

3. Menjelajahi integrasi digital
Cara beikutnya untuk membuat bisnis Anda lebih efisien ialah dengan metode penjelajahan integrasi digital. Seperti yang sudah kita tahui bersama, perkembangan digital di dunia bisnis sudah makin maju dan bermacam-macam.

Cobalah buat analisis sistem atau keadaan perusahaan yang Anda rasa tidak efektif dan efisien dengan cara menjelajahi integritas digital. Selain Anda belajar suatu sistem baru, Anda juga bakal peroleh pengalaman baru soal serunya belajar hal baru.

Menurut Gartner, ketidakefektifan integrasi digital bakal sebabkan bisnis kehilangan peringkat kompetitif sebesar 25%. Integrasi solusi digital yang benar bisa tingkatkan efisiensi dengan berbagai cara. Seperti yang diperlihatkan sama Jetsmarter, teknologi bisa otomatisasi tugas yang makan banyak waktu.

Komunikasi yang lebih cepat dan mudah ialah hasil integrasi digital yang konsisten. Laporan dibuat dan dibagikan dengan lebih cepat, masalah bkaal segera teratasi, dan karyawan bisa berkolaborasi dengan lebih mudah satu sama lain dan juga pelanggan Anda. Integrasi digital menyeluruh benar-benar mesti dimiliki buat tingkatkan efisiensi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *