Tips hilangkan gangguan dan tingkatkan konversi pada tampilan website

Tips hilangkan gangguan dan tingkatkan konversi pada tampilan website

Suatu tampilan website punya peran yang cukup penting dalam tingkatkan konversi. Pengoptimalan konversi dalam suatu website ialah yang harus dilakukan.

Para digital marketer punyai tugas buat arahkan perhatian dan fokus pengunjung pada langkah selanjutnya. Tapi, Cuma sedikit marketer yang lakukan ini secara efektif.

Tampilan website, halaman arahan atau landing page penuh dengan gangguan, Call to Action (CTA) yang berantakan, dll.

Lalu gimana Anda dapat hilangkan gangguan pada website? Gimana Anda atur perhatian, menjaga dan arahkan pengunjung dengan cara yang Anda mau? Apa seluruh ini mesti dilakukan dengan tingkatkan konversi Anda?

Tampilan Website yang Fokus pada Pengunjung

Satu halaman, satu tujuan.
Kami bakal sebut tujuan ini sebagai Anda tindakan yang sangat Anda mau. Kenapa? Sebab ada kemungkinan tindakan atau action lain yang Anda harapkan pada pengunjung, namun Anda mesti fokus pada satu tujuan per page.

Sebagai contoh, katakanlah Anda mau pengunjung website Anda pergi pada halaman harga. Tapi, juga bakal cukup baik kalau mereka submit email mereka dan daftar buat newsletter Anda.

Maka, tindakan apa yang sangat ingin Anda mau untuk pengunjung? Buat tahuinya, tanyakan pada diri sendiri dua pertanyaan berikut.

Apa tindakan yang Anda mau pada pengunjung untuk dilakukan?
Tindakan apa yang pengunjung Anda mau?
Pertanyaan kedua bakal pastikan Anda bersikap realistis. Pakai contoh yang sama, pengunjung Anda mungkin belum siap buat pergi pada halaman harga.

Mungkin mereka belum cukup tahu soal produk atau mereka belum berani buat ambil keputusan selanjutnya.

Maka, membuat “pergi ke halaman harga” tindakan yang sangat Anda inginkan, dalam hal ini bakal jadi kesalahan.

Tindakan Anda yang sangat ingin mesti sederhana, bebas gangguan dan realistis. Tujuan Anda, sebagai marketer ialah buat fokuskan perhatian pengunjung Anda pada tindakan yang sangat dimau. Di sinilah Anda mesti mulai bekerja.

Seorang pesulap mengelola perhatian dengan menarik Anda untuk melihat apa yang mereka mau Anda lihat.

Begitu mereka miliki perhatian Anda, mereka bisa sesuaikan persepsi Anda untuk membuat Anda fokus pada sebuah atau membuat sesuatu yang tampaknya begitu penting dengan tidak terlalu mencolok.

Seorang digital marketer lakukan hal yang sama. Anda mengelola perhatian pengunjung dengan tampilan website, tidak butuh dengan pengalihan perhatian namun dengan memfokuskan perhatian.

Bayangkan kalau Anda dapat kelola perhatian seteliti pesulap yang berhasil lakukannya.

Mari kita lihat berapa contoh. Kali ini, kita bakal melihat pricing page (halaman harga) dan bagaimana berapa website pusatkan perhatian pada tindakan yang paling mereka mau.

BuzzSumo

Sebenarnya tidak diragukan lagi jika tindakan yang snagat dicari pengunjung pada BuzzSumo ialah “Start Free Trial” baik untuk Pro plan atau Agency plan.

Kecuali mayoritas pengunjung mereka miliki anggaran $ 999 bulan, itulah tindakan yang sangat buzzsumo inginkan.

Namun pada tampilan website itu, dengan membuat Enterprise plan dengan warna oranye yang kontras, para pengunjung bakal langsung arahkan perhatian untuk itu.

Saat pertama kali tiba pada halaman, kami berfokus pada harga “$ 999” dan berasumsi plan lain juga mahal.

Seandainya kami menjadi rata-rata pengunjung yang sebenarnya mencari plan free trial, kami mungkin sudah langsung tinggalkan halaman itu sebab asumsi yang salah.

Desk.com

Desk.com miliki empat pilihan, dua di antaranya secara agresif bersaing buat menarik perhatian

Pro Plan berlabel “Most Popular .” dan Standard Plan yang berlabel “Limited Time Offer” yang tidak selamanya ada sebab suatu penawaran yang terbatas. Mana yang mesti pengunjung pilih? Pengunjung bakal bingung buat bisa pilihnya.
Upaya untuk fokus pada yang pengunjung mau sudah ada, namun tidaklah cukup berhasil. Dengan mencoba buat menarik perhatian pada dua plan di tampilan website, mereka membagi fokus pengunjung. Lebih baik untuk fokus pada satu perhatian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *