Pembangunan branding dan 5 tantangan ketika berbisnis

Pembangunan branding dan 5 tantangan ketika berbisnis

Membangun branding untuk bisnis online ialah salah satu hal yang begitu penting jika mau berkembang. Seiring berjalannya waktu, kini muncul trend baru dalam branding yaitu digital branding. Pada dasarnya cara ini sama dengan branding dengan cara lama, tapi dilihat dari segi platform jelas cara ini lebih efektif. Kenapa digital branding menjadi penting sekarang ini? Berikut beberapa alasannya.

Sebagai sarana promosi yang efisien

Kalau sebelumnya branding dilakukan secara konvensional, seperti pakai billboard, brosur sampai memasang iklan di suatu surat kabar. Cara seperti ini memang dirasa cukup ampuh buat kenalkan produk atau brand kepada masyarakat luas. Tapi, perkembangan internet secara massif seperti sekarang ini sudah menggeser cara lama itu.

Internet sudah jadi ladang baru untuk digital branding bisnis online kamu. Tercatat pengguna internet di Indonesia dalam hampir dua puluh tahun terakhir meningkat drastis. Kalau pada tahun 1998 baru 500 ribu, pada tahun 2017 lalu sudah capai 100 juta. Inilah yang menjadi peluang promosi yang begitu efisien buat brand maupun perusahaan jika dibandingkan pakai cara lama. Keunggulannya jelas, dapat menekan pengeluaran perusahaan.

Lebih mudah dalam menjaring calon konsumen baru

Branding secara online juga mampu buat menjaring calon konsumen baru. Kebanyakan calon konsumen ini bakal mencari tahu produk atau brand yang mereka cari di internet sebelum membelinya. Alasannya, mereka tidak mau ambil risiko membeli produk yang tidak berkualitas dan miliki testimoni buruk.

Baca juga : fintech sistem finansial pada era digital

Di sinilah anda dapat mengambil kesempatan buat mejaring calon konsumen baru itu. Jadi dari itu, sebaiknya buatlah digital branding semenarik mungkin soal bisnis online kamu. Sebutkan juga apa kelebihan yang dimiliki sama brand kalian kepada mereka. Semakin unik, mudah dan menarik pelayanan yang ditawarkan, besar kemungkinan calon konsumen bakal mencoba produk itu.

Meningkatan awareness kepada banyak orang

Selain buat menjaring calon konsumen baru dalam bisnis online, digital branding juga dirasa efektif buat tingkatkan awareness soal suatu produk. Awareness ini penting dilakukan saat anda miliki produk atau brand, tapi belum terlalu dikenal. Dalam hal ini anda dituntut buat lebih kreatif dalam lakukan digital branding.

Jika anda merasa mampu, anda dapat melakukannya dengan pakai influencer di media sosial. Atau dengan manfaatkan akun media sosial brand kamu dengan konten yang unik. Inilah yang dilakukan sama perusahaan makanan cepat saji Wendy’s dalam lakukan digital branding dan membangun reputasinya lewat Twitter. Hal ini membuatnya jadi makin dekat sama pesaingnya yaitu McDonald.

Mampu buat membangun jaringan

Disadari atau tidak, digital branding ternyata dapat jadi sarana anda dan bisnis online yang lagi dijalankan untuk membangun jaringan. Terutama kalau bisnis online itu masih dalam tahap rintisan atau start up. Ingat, banyak perusahaan gagal peroleh jaringan yang potensial sebab melakukan branding yang kurang tepat.

Jika anda lakukan digital branding dengan cara yang menarik dan berisi portofolio perusahaan yang menjanjikan, bukan tidak mungkin bakal dilirik sama perusahaan lain yang lebih besar. Dengan itu anda bakal peroleh rekanan bisnis baru dan dapat untuk membangun jaringan yang lebih luas. Kedepannya, dengan adanya jaringan yang sudah terbentuk ini diharapkan bisa perluas pangsa pasar bisnis online.

Selain keempat hal di atas, dalam lakukan digital branding buat bisnis online anda juga butuh jaringan internet baik. Mengingat hampir seluruh kegiatan digital branding perlukan koneksi internet. Oleh sebab itu, penting buat anda pilih penyedia layanan internet terbaik di Indonesia.

5 Tantangan yang harus anda lewati saat mulai bisnis

Pada saat mendengar maraknya bisnis online di Indonesia, rasanya mudah buat jalani bisnis ini. Anda dapat pilih apa saja yang mau Anda jual. Dari fasion, kuliner sampai barang elektronik. Seluruhnya tinggal sesuaikan sama apa yang Anda sukai. Buat peroleh produsen barang yang mau Anda jual juga mudah.

Namun sebetulnya, banyak tantangan yang bakal Anda hadapi saat membuat bisnis online. Tidak Cuma masalah dari dalam bisnis Anda sendiri, namun juga dari pihak luar, bahkan yang sama sekali tidak berhubungan dengan Anda sama sekali. Bisnis Anda dapat mati dengan sendirinya kalau Anda tidak siap dengan beberapa tantangan di bawah ini. Berikut lima tantangan yang wajib Anda waspadai ketika jalankan bisnis online.

Kompetitor

Ya, tantangan pertama dan langsung Anda hadapi ialah kompetitor. Dengan berkembangnya zaman, bukan Cuma saja yang lakukan bisnis online. Ribuan orang lain pun juga lakukan hal yang sama dan mereka seluruhnya ialah kompetitor Anda, khususnya yang menjual hal yang sama dengan apa yang Anda jual.

Kompetitor sebetulnya tidak Cuma jadi pesaing saja, namun juga dapat jadi percontohan buat Anda untuk belajar, apalagi pengusaha online yang jauh lebih besar. Anda dapat lihat gimana cara mereka jualan biar dapat Anda coba untuk diterapkan pada dalam bisnis sendiri.

Perkembangan teknologi

Bisnis online tidak dapat lahir tanpa teknologi, dan teknologi selalu berkembang. Dengan pesatnya kemajuan teknologi, hal itu juga dapat pengaruhi bisnis online Anda.

Bisnis online Anda mesti dapat sesuaikan diri sama perkembangan teknologi. Kalau sebelumnya Anda Cuma jualan dari mulut ke mulut, sekarang masuk ke media sosial lalu berlanjut pada e-commerce dan mungkin saja berikutnya ada platform lain yang dapat Anda gunakan buat bisnis online. Jangan sampai melewatkan perkembangan teknologi sebab itu begitu pengaruh dalam kelangsungan bisnis online Anda.

Penipuan

Penipuan di internet bukanlah sebuah hal yang baru. Sejak bisnis online marak pada Indonesia pada tahun 2007-2008 melalui suatu forum, penipuan sudah muncul di sana. Dan Anda messti hati-hati buat hal ini. Penipuan tidak Cuma menerpa pembeli saja, namun penjual juga dapat terkena penipuan. Selalu cek dengan rinci setiap pembeli yang mau membeli produk yang Anda jual. Jangan sampai penipuan menimpa Anda.

Masalah keuangan

Manajemen dalam bisnis online terkadang terasa mudah. Cuma mengurus pembelian stok barang lalu menjualnya lagi. Namun kalau tidak hati-hati dalam mengelola keuangan, masalah keuangan sewaktu-waktu dapat menimpa bisnis Anda.

Anda mesti mencatatkan seluruh pendapatan dan pengeluaran buat urusan apapun ke dalam pembukuan. Dengan adanya catatan itu, Anda tidak perlu repot-repot kalau ada hal aneh saat kembali mengecek keuangan yang tersedia.

Konsumen yang rumit

Apa artinya berbisnis tanpa kehadiran konsumen, orang yang membeli produk yang Anda jual? Di dalam bisnis, Anda bakal temukan berbagai tipe konsumen yang tidak semuanya dapat diurus dengan mulus. Terkadang ada saja konsumen yang rumit, banyak maunya sampai terlalu banyak bertanya. Namun sebagai penjual, Anda mesti mampu mengurus mereka seluruhnya sebab di sanalah tantangan berbisnis online. Jangan sampai masalah konsumen membuat bisnis Anda goyah.

Itulah lima tantangan yang dapat Anda hadapi saat jalankan bisnis online. Dengan mengetahui ini semua, Anda pastinya sudah siap buat jalankan usaha secara online yang sudah dari lama Anda impikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *