Panduan UKM dan peluang bisnis di era digital

Panduan UKM dan peluang bisnis di era digital

Kalau melihat para pebisnis sukses yang Anda idolakan, Anda yang berjiwa wirausaha pasti mau juga dirikan usaha sendiri dan mengembangkan bisnis Anda. Anda sebetulnya dapat memulai UKM dari sekarang. Dengan modal yang cukup, cobalah beranikan diri Anda untuk memulai. Jangan khawatir, kami bakal bantu Anda merealisasikan mimpi Anda.

Pertama, mari kita mulai dari dasar. Berikut ialah pemahaman yang benar soal UKM!

Pengertian UKM

UKM ialah singkatan dari Usaha Kecil Menengah, merujuk pada jenis usaha kecil yang punya kekayaan bersih sebanyak-banyaknya maksimal 200.000.000 Rupiah. Angka itu tidak termasuk tanah atau bangunan ( tempat usaha ) yang dimiliki.

Berdasarkan Keputusan Presiden RI no. 99 tahun 1998, definisi usaha kecil itu sendiri yakni: “ Kegiatan ekonomi rakyat yang berskala kecil dengan bidang usaha yang secara mayoritas ialah kegiatan usaha kecil dan butuh dilindungi buat mencegah dari persaingan usaha yang tidak sehat. ”

Cara Membangun dan Kembangkan Bisnis UKM

Buat bisa membangun usaha sendiri memang tidak mudah, Anda dapat memulai dari membuat perencanaan yang matang. Seperti apa lengkapnya? Anda bisa simak beberapa langkah yang saya kasihkan berikut ini!

Membuat Rencana Bisnis Anda

Tentu dalam membuat rencana Anda butuh kenali sendiri bisnis seperti apa yang bakal Anda jalankan, mulai dari segmentasi pasar sampai mitra-mitra yang sudah terhubung. Kenapa ini menjadi penting? Sebab Anda jadi dapat mengeksekusinya dengan mudah. Target-target dan gambaran yang tadinya luas itu sudah dipecah menjadi poin-poin sederhana.

Perkerjakan Diri Sendiri Secara Maksimal atau Rekrut Tim Kecil Berkualitas

Kalau memang Anda belum dapat memperkerjakan orang lain, Anda dapar mulai dari dua pilihan yang ada. Pilihan pertama ialah memperkerjakan diri Anda sendiri secara maksimal dengan mengerahkan seluruh skill Anda dalam berwirausaha. Pilihan keduanya ialah Anda merekrut tim yang bisa jadi itu saudara atau teman akrab Anda. Jujurlah pada mereka soal kondisi Anda, kalau Anda belum dapat benar-benar kasihkan apresiasi pada mereka berbentuk uang dalam jumlah banyak. Kalau Anda beruntung, mereka bakal pahami kondisi Anda dan tertarik baut turut membangun bisnis bersama. Apa yang menjadi begitu penting terkait hal ini ialah integritas dan kesabaran Anda dalam memimpin sekaligus bekerja sama.

Tentukan SOP yang Efektif

Dalam kerjakan hal-hal terkait profesi, selalu saja ada sebuah standar kerja yang biasa dipakai. Mengapa standar semacam SOP perlu? Tentu saja biat dapat mungkinkan pekerjaan selesai dengan tepat waktu tanpa hambatan-hambatan yang tidak butuh. Dengan keteraturan atau sistem ideal yang sudah ditetapkan, seluruh anggota tim Anda juga jadi dapat sepakati dan kerjakan pekerjaan dengan cepat sekaligus harmonis. Sebetulnya SOP ini juga dapat membantu Anda dalam mengontrol kualitas produk atau layanan pada bisnis Anda.

Baca juga :  pembangunan branding dan 5 tantangan ketika berbisnis

Manfaatkan Perkembangan Teknologi yang Ada

Sekarang ini, Anda lagi berada pada era pesatnya perkembangan teknologi. Belajar secara otodidak dapat jadi pilihan baik buat eksplorasi seluruh kecanggihan dan kemudahan yang dapat memajukan usaha Anda. Teknologi terbaru sejenis aplikasi ataupun penyimpaanan data dengan “cloud technology” tarifnya murah namun dapat membuat badan usaha kecil bersaing ketat dengan korporat besar. Manfaatkanlah teknologi ini.

Mengeksekusi Rencana Anda

Nah, langkah terakhir tentu ialah mengeksekusi apa yang sudah Anda rencanakan. Coba ikuti timeline atau batas waktu yang sudah ditetapkan. Tetaplah fokus pada tujuan Anda dan berhati-hati. Mengembangkan bisnis sendir memang kerap kali berisiko kena tipu-tipu dari mitra tidak bertanggung jawab. Selektiflah, ikuti insting bisnis Anda dan banyak merendahkan hati buat ambil petuah dari pebisnis-pebisnis yang sudah lebih lama menjalankan usaha mereka.

Panduan lengkap bisnis pada era digital

Seperti yang juga mungkin sudah Anda amati sendiri, pada era digital ini peluang bisnis makin banyak saja. Ada banyak sekali dampak dari pengembangan teknologi yang ada. Sekarang kalau Anda lapar, langsung saja pesan makanan lalui aplikasi jasa pesan antar. Dalam hitungan menit, Anda sudah dapat menyantap menu kesukaan Anda. Begitu juga dengan penjual, baik warung kecil atau restoran besar, semuanya ada kesempatan sama jalankan bisnisnya dan memasarkan produknya lalui kecanggihan teknologi yang ada.

Cepat, mudah dan murah. Bisnis jadi akrab dengan tiga kata sifat itu. Tidak butuh lagi toko secara fisik, Anda dapat buka toko online. Tunggu apa lagi? Simak lebih lanjut panduan bisnis dari kami kali ini biar Anda dapat temukan inspirasi dalam wujudkan mimpi sukses Anda!

5 Panduan Peluang Bisnis

Berikut ini ialah kumpulan artikel berupa panduan lengkap yang saya sampaikan langkah demi langkah biar Anda dapat mengikutinya dan wujudkan bisnis sukses online yang diimpikan!

Jualan Lewat Toko Online

Anda pasti sudah kenal nama-nama website belanja semacam Shopee, Tokopedia, dan lain sebagainya. Sebetulnya tidak Cuma punya bisnis online dengan numpang seperti itu, Anda juga dapat membuat toko online dengan domain sendiri.

Menjadi Food Blogger

Tidak Cuma jualan, Anda juga dapat bekerja yang lebih seperti hobi. Jika Anda suka wisata kuliner atau makan-makan, ayo jadi food blogger! Gimana sih caranya? Apa saja yang mesti dipersiapkan dan dari mana uang penghasilannya berasal?
Anda bisa saja belajar dan cari pengalaman dari luar atau website yang sudah lama berdiri dalam wisata kuliner.

Kerja Freelance Online

Jika memang Anda tidak punya jiwa entrepreneur atau wirausaha dan Anda juga tidak terlalu suka dokumentasikan menu makanan Anda, jangan khawatir. Anda dapat juga mencari penghasilan dengan bekerja secara freelance. Anda bahkan bisa jadikannya sebagai pekerjaan sampingan.

Menjadi Selebgram

Buat Anda yang suka fotografi dan gemar habiskan waktu di media sosial Instagram, cobalah buat mengatur konsep akun Instagram kalian. Anda bisa jadi terkenal dan disebut sebagai selebgram. Tidak Cuma terkenal, Anda dapat juga raih penghasilan dari sana.

Cari Uang dari YouTube

Pada YouTube, Anda tidak Cuma bisa menonton berbagai tayangan menarik saja namun juga membuat tayangan yang dapat ditonton orang lain. Kenapa Anda tidak mencoba merekam kejadian-kejadian menarik di sekitar Anda atau mungkin membuat video ulasan produk yang orang-orang cari? Penghasilannya yang didapat begitu besar dan Anda mungkin juga diliput pada televisi pada masa yang akan datang seiring dengan keterkenalan online Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *