Cara melihar jalur bisnis anda

Pernahkah Anda para pengusaha pertanyakan hal ini: “Apakah bisnis saya sudah berada di jalur yang tepat?”. Atau pernahkah Anda merasa seperti ada yang salah dengan bisnis Anda, tapi Anda tidak tahu apa masalahnya?

Selayaknya manusia yang lakukan medical checkup buat yakinkan tubuhnya baik-baik saja, bisnis Anda juga butuh ‘diperiksa’ buat bisa pastikan kesehatannya. Di sinilah peran business checkup, di mana konsultan bisnis profesional bakal periksa, kasihkan feedback, dan kasihkan arahan serta bimbingan terkait bisnis Anda – baik bisnis yang baru dirintis maupun bisnis yang sudah besar.

Tapi bahkan saat Anda merasa bisnis Anda baik-baik saja sekalipun Anda tetap disarankan buat lakukan check up. Sebab tentunya Anda mau bisnis Anda terus berkembang bukan, tidak sekedar datangkan profit buat hindari kerugian?

Lebih jelasnya, berikut ialah berapa alasan yang buat business checkup begitu penting buat bisnis Anda:

1.Peroleh Perspektif yang Objektif
Anda mungkin berpikir kalau ide bisnis Anda begitu luar biasa dan karenanya Anda yakin bisnis Anda bakal sukses besar. Tapi pertanyaannya, apakah orang lain juga berpendapat demikian? Sama halnya saat Anda merasa bisnis Anda baik-baik saja, apakah artinya sama sekali tidak ada yang salah dengan bisnis Anda? Atau jangan-jangan Cuma Anda yang tidak dapat melihatnya?

Sebagai pemilik bisnis dan eksekutor, subjektivitas dalam memandang berapa hal seringkali tidak dapat Anda hindari. Sebab Anda perlu orang ketiga yang juga bisa berperan sebagai mata ketiga Anda.
Di sinilah peran konsultan bisnis yang bakal kasihkan Anda pendapat yang jujur dan perspektif yang objektif soal bisnis Anda. Terlebih lagi mereka ialah profesional yang mungkin punyai cara pandang yang beda. Tujuannya tentu saja buat bantu bisnis Anda berkembang.

2. Mengidentifikasi Masalah dan kasihkan Solusi
Salah satu manfaat utama business checkup ialah buat identifikasi masalah pada bisnis Anda yang sebelumnya mungkin tidak Anda sadari atau gagal Anda identifikasi sendiri. Misalnya saja, ide bisnis Anda dapat jadi bagus, tapi business plan Anda ternyata masih berantakan. Atau mungkin taktik marketing Anda kurang efektif, tapi Anda maupun anggota tidak menyadarinya.

Tidak stop sampai disitu, Anda juga bakal dibantu buat cari solusi sama konsultan bisnis yang tentu punyai lebih banyak ilmu dan pengalaman dari Anda. Singkatnya, Anda bakal peroleh segala jenis “obat” buat permasalahan bisnis Anda, mulai dari perencanaan (planning), finansial (financial), pemasaran (marketing), penjualan (sales), dll.

3. Identifikasi Peluang
“Gimana kalau ternyata tidak ada masalah pada bisnis saya? Rugi dong bayar mahal-mahal untuk business checkup?”. Jawabannya tentu saja tidak, sebab pasti selalu ada yang dapat diperbaiki dan dikembangkan dari bisnis Anda.

Selain masalah, business checkup juga bertujuan mengidentifikasi peluang yang mungkin Anda lewatkan. Misalnya saja, bisa jadi ada target pasar yang lebih tepat buat produk atau jasa Anda, atau ada peluang baru tak terduga seiring berjalannya bisnis Anda selama berada dalam bimbingan mereka. Karena lagi-lagi, profesional mungkin miliki cara pandang yang beda, di mana mereka lebih jeli dalam pasang mata dan telinga buat lihat banyaknya peluang di luar sana.

4. Peroleh Arahan dan Bimbingan
Tidak sekedar identifikasi masalah dan peluang, konsultan bisnis juga bakal kasihkan arahan soal langkah apa yang mesti kalian ambil selanjutny berikutnya. Mereka bakal bantu Anda mulai dari proses planning dan perancangan strategi, hingga membimbing Anda pada proses eksekusi buat penuhi target yang sudah Anda tetapkan.

Saran yang mereka kasihkan tentu bakal begitu bermanfaat, sebab konsultan bisnis tidak Cuma kuasai teori, tapi juga praktik. Mereka dapat dikatakan punyai wawasan yang menyeluruh soal cara jalankan bisnis dasarkan pengetahuan dan pengalaman mereka. Hal ini mesti benar-benar mesti Anda manfaatkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *